KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA NOVEL 50 RIYAL KARYA DENY WIJAYA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel 50 Riyal Karya Deny Wijaya, (2) aspek-aspek sosial novel 50 Riyal Karya Deny Wijaya, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi yang terdapat dalam novel 50 Riyal karya Deny Wijaya. Fokus penelitian ini berupa aspekcinta kasih, aspek kekerabatan, aspek ekonomi, aspekmoral serta rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XI SMA. Sumber data berupa novel, buku sastra, kutipan langsung dan tidak langsung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kartu pencatat data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat di dalam novel 50 Riyal Karya Deny Wijaya terdiri dari (a) tema: perjuangan seorang wanita dalam menjalani kehidupan, (b) tokoh utama: Dewi, dan tokoh tambahan: Bagas, Zulaekha, Abdullah, Rianti, Asmiati, Andini, Pak Thomas, (c) alur: alur maju, (d) sudut pandang: sudut pandang orang ke tiga serba tahu “dia”, (e) latar tempat: rumah Abdullah, apartemen, penjara Malaaz, bandara El Tari dan pantai Nihiwatu, latar waktu: siang, sore, dan malam, latar suasana: bahagia, marah, panik, gelisah, dan takut (f) amanat: peduli dengan sahabat, tetap berusaha meraih sukses dan jangan mudah putus asa, jadilah orang yang mempunyai pendirian; (2) wujud aspek-aspek sosial yang terdapat di dalam novel ini terdiri dari (a) aspek cinta kasih: cinta kasih Dewi dengan Bagas, (b) aspek kekerabatan: kekerabatan Dewi dengan Bapak, kekerabatan Dewi dengan Rianti, kekerabatan Dewi dengan Asmiati, kekerabatan Dewi dengan Andini, (c) aspek ekonomi: keluarga Dewi tergolong dalam ekonomi kelas bawah, (d) aspek moral: sabar, tawakal, taat beribadah, teguh pendirian; (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran novel didasarkan pada Kompetensi Dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Indikator pembelajaran novel ini adalah mengungkapkan tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan mengungkapkan aspek sosial. Langkah-langkah pembelajarannya dilakukan satu kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti, (c) kegiatan penutup.
Kata kunci: aspek sosiologi sastra, novel 50 Riyal, dan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.