NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABILA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS VIII Mts

Indi Suhesti, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabila di MTs. Sumber data penelitian ini adalah Novel “99 Cahaya di Langit Eropa” Karya Hanum Salsabila” Objek penelitianya adalah nilai-nilai Pendidikan yang terdapat dalam novel “99 Cahaya di langit Eropa” karya Hanum salsabila dan pembelajaran di kelas VIII MTs.  Penelitian ini difokuskan pada nilai pendidikan dalam novel 99 cahaya di langit eropa dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII MTs. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik pustaka, instrumen penelitian menggunakan kartu pencatat data dan alat tulis lainnya.Teknik analisi data menggunakan teknik analisi isi. Teknik penyajian analisis  data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik novel Cahaya di Langit Eropa terdiri dari (a) tema: perjalanan menapaki jejak islam, (b):tokoh dan penokohan tokoh pertama di perankan oleh Hanum dan Rangga, tokoh tambahan Fatma, Eyse, Selim, Latife, Ezar, Oznur, Paul, Imam hashim, Natalie dewan, Marion, Gomez, Hasan, Sergio (c) alur: maju dan sorot balik (d) latar: Benua Eropa, Austria, Paris, Spayol, Turki dan Mekah (e) sudut pandang: orang ketiga (f) amanat: jangan mudah putus asa dalam meraih harapan (2) nilai-nilai pendidikan novel “99 Cahaya di Langit Eropa” adalah (a) nilai religius  (b) nilai moral (c) nilai Sosial (d) budaya (3) Rencana Pelaksaan Pembelajaran novel “99 cahaya langit dieropa di MTs kelasVIII  adalah: standar kompetensi (SK) adalah mengapresiasi kutipan novel remaja, kompetensi dasar (KD) adalah menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja, Indikator mampu menjelaskan unsur intrinsik  dan nilai-nilai pendidikan, untuk merangsang dan menotivasi pembentukan konsep diri yang berkarakter.

 

Kata Kunci: nilai pendidikan, rencana pelaksanaan pembelajaran sastra


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.