ANALISIS NILAI RELIGIUS TOKOH UTAMA PADA KUMPULAN CERPEN LUKISAN KALIGRAFI KARYA AHMAD MUSTOFA BISRI DAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Dini Dianawati, Kadaryati Kadaryati, Umi Faizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik

cerpen Lukisan Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri; (2) nilai religius yang terdapat

dalam cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri; (3) pelaksanaan

pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius cerpen Lukisan Kaligrafi Karya A.

Mustofa Bisri di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah

metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah teks cerpen Lukisan

Kaligrafi karya A. Mustofa Bisri yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah

(1) tema dan fakta cerita; (2) nilai religius; (3) pelaksanaan pembelajaran cerpen

di SMA. Dalam teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi. Teknik

yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Dalam

penyajian hasil penelitian ini digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian

dapat disimpulkan (1) unsur intrinsik dalam kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi

meliputi: (a) tema, yakni menceritakan semangat untuk memperjuangkan

kehidupan, (b) tokoh utamanya adalah Gus Jakfar, Kang Amin, Ning Umi, Mbok

Yem, Kang Kasanun, Gus Muslih dan tokoh tambahannya adalah Hindun, Ustadz

Bahri, dan Mbah Joyo, (c) alur yang digunakan adalah alur campuran, (d) terdapat

tiga macam latar, yaitu: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial, dan (e) sudut

pandang yang digunakan adalah sudut pandang campuran, (2) nilai religius cerpen

Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri mencakup tiga aspek, yaitu: (a)

hubungan manusia dengan Tuhan; (b) hubungan manusia dengan manusia lain; (c)

hubungan manusia dengan diri sendiri; (3) pelaksanaan pembelajaran cerpen

Lukisan Kaligrafi Karya A. Mustofa Bisri menggunakan metode diskusi, yaitu; (a)

menyampaikan motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran, agar siswa dapat

mengetahui unsur intrinsik cerpen; (b) pembagian kelompok; (c) kegiatan belajar

dalam kelompok; (d) presentasi kelompok.

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai religius, dan pembelajaran cerpen di SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.