TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA DIALOG FILM CINTA SUCI ZAHRANA SUTRADARA CHAERUL UMAM, RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MENYIMAK DAN BERBICARA, DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA

Nur Fakhrudin Bagiya

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)jenis dan fungsi tindak tutur direktif; (2) relevansi tindak tutur direktif dalam dialog film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umamdengan pembelajaran menyimak dan berbicara pada siswa kelas XI semester 2 SMA; dan (3) skenario pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Cinta Suci Zahrana. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen yang digunakan adalah penulis sendiri selaku peneliti dibantu dengan alat pencatat data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode padan.Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) tindak tutur direktif pada film Cinta Suci Zahrana sutradara Chaerul Umam; (2) relevansi antara tindak tutur direktif pada film Cinta Suci Zahrana dengan pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara di SMA meliputi: (a) keterampilan menyimak: peserta didik mampu memahami tuturan langsung dan tidak langsung, (b) keterampilan berbicara: peserta didik mampu berbicara dengan tepat dan santun sesuai dengan konteks, (3) Skenario pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara dengan media film Cinta Suci Zahranadi kelas XI SMA dilaksanakan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Langkah-langkah pembelajarannya: (a) pendidik menyampaikan materi, (b) pendidik menyediakan film Cinta Suci Zahrana untuk disaksikan kepada peserta didik; (c) peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis tindak tutur direktif, (d) pendidik meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain diminta untuk menanggapi, (e) pendidik memberikan penguatan, kesimpulan bersama, dan evaluasi.

 

Kata Kunci: Tindak tutur direktif, film Cinta Suci Zahrana, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.