PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SUGESTIF MELALUI MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 43 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Risma Setyarini Bagiya Khabib

Abstract


ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapanpembelajaran menulis narasi sugestif melalui media film kartun pada siswa kelas VII SMP Negeri 43 Purworejo, (2) pengaruh media film kartun dalam pembelajaran menulis narasi sugestif terhadap aktivitas, minat dan keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri 43 Purworejo, (3) peningkatan kemampuan menulis narasi sugestif melalui media film kartun pada siswa kelas VII SMP Negeri 43 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik nontes. Dalam teknik analisis data, penulis menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik penyajian hasil data yang digunakan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa: (1) penerapan pembelajaran menulis narasi sugestif melalui media film kartun; (a) siswa mengamati dan menyimak film kartun; b) menentukan topik dan judul karangan; c) siswa membuat kerangka karangan sesuai dengan film; d) siswa menulis narasi sugestif sesuai film; dan e) siswa mempresentasikan danĀ  mengemukakan pendapat tentang hasil belajarnya, (2) pengaruh media film kartun terhadap aktifitas, minat dan keaktifan belajar siswa, tahap siklus I, siswa banyak yang belum antusias, sedangkan pada siklus II aktivitas, minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran sudah baik, (3) hasil menulis narasi sugestif dengan media film kartun mengalami peningkatan. Pada prasiklus ialah 68,74, siklus I 75,90 dan siklus II sebesar 81,16

Kata Kunci: Keterampilan menulis, narasi sugestif, media film kartun.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.