NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL HAJI BACKPACKER KARYA AGUK IRAWAN M.N. DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Khadiq Alfian Jati Nurul S Bagiya

Abstract


ABSTRAK : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Haji Backpacker, (2) nilai pendidikan karakter novel Haji Backpacker, dan (3) sekenario pembelajaran novel Haji Backpacker di Kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Haji Backpacker. Objek penelitian ini adalah aspek nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Haji Backpacker. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik dalam novel Haji Backpacker, nilai pendidikan karakter dalam novel Haji Backpacker, dan sekenario pembelajaran di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan kartu pencatat data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara content analysis (analisis isi). Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Haji Backpacker, meliputi (a). tema: keteguhan dan ketegaran Mada saat bekerja dan melaksanakan ibadah haji secara bersamaan di tanah suci.; (b). tokoh utama: Mada; tokoh tambahan: Rini, Emak, Kang Mas, Amrullah, Kang Aflahurroji, Mutamakin, Syaikh Sulaiman; (c). alur: maju; (d). latar: tempat, waktu, dansosial; (e). sudut pandang: orang pertama tunggal; (f). amanat: selalu berpikir positif terhadap takdir; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Haji Backpacker karya Aguk Irawan M.N. meliputi: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, komunikatif atau bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab; (3) skenario pembelajaran di kelas XI SMA berdasarkan KTSP adalah sebagai berikut: kompetensi dasar: 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia. Langkah-langkah kegiatan (a). pendahuluan: guru memotivasi siswa, guru membacakan indikator dan tujuan yang ingin dicapai; (b). kegiatan inti: siswa berdiskusi untuk menganalisis unsur intrinsik dan aspek pendidikan karakter novel Haji Backpacker; (c). penutup: refleksi, yaitu guru memberikan penguatan terhadap kegiatan yang dilakukan siswa, dan diakhiri dengan pemberian tugas. Metode yang digunakan adalah kooparatif Group Investigation.

 

Kata Kunci: Nilai pendidikan karakter, novel,dan skenario pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.