PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MEDIA BERITA DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KEPIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Reffi Ninang Aryani Joko Bagiya

Abstract


ABSTRAK:Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) penerapan pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII C SMP N 2 Kepil tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan media berita dan metode latihan terbimbing; 2) peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII C SMP N 2 Kepil tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan media berita dan metode latihan terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II.Siklus I dan II terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Kepil tahun pelajaran 2015/2016.Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes.Instrumen yang digunakan adalah lembar soal dan lembar angket.Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.Keabsahan data dicek melalui triangulasi sumber, teori, dan metode.Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran menulis cerpen yaitu:a) guru memberikan berita kepada siswa, b) siswa menganalisis isi berita dengan mendapatkan bimbingan dari guru, c) siswa mempresentasikan isi berita, d) siswa membuat kerangka cerpen berdasarkan isi berita, e) siswa mengembangkan cerpen berdasarkan kerangka yang telah dibuat, f) siswa menulis cerpen secara utuh (tes), 2) peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa VII C SMP N 2 Kepil terlihat dari meningkatnya persentase minat siswa dari tahap prasiklus yaitu 29,1%, siklus I menjadi 62,5%, dan siklus II menjadi 85,4%, serta meningkatnya persentase keseriusan siswa saat prasiklus yaitu 41,6%, meningkat pada siklus I menjadi 66,6%, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 75%. Selain itu terlihat meningkatnya hasil pembelajaran menulis cerpen siswa VII C SMP N 2 Kepil pada saat prasiklus hanya 1 (4,1%) siswa yang mencapai KKM, kemudian pada siklus I yaitu 14 siswa (58,3%) yang mencapai KKM, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 18 siswa (75%) yang mencapai KKM.

 

Kata Kunci: Menulis Cerpen, Media Berita, Metode Latihan Terbimbing

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.