KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL THE BOARDING KARYA TRIANI RETNO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Evi Yuarini Joko Bagiya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel; (2) aspek sosiologi sastra dalam novel The Boarding karya Triani Retno; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran analisis novel The Boarding dengan pendekatan sosiologi sastra karya Triani Retno di kelas XII SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel The Boarding karya Triani Retno. Penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik, aspek sosiologi sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA. Data penelitian ini berupa data lunak yang berwujud kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, atau wacana yang terdapat dalam novel The Boarding. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel The Boarding. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan kartu data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik catat. Validitas data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan yang berarti melakukan pengamatan lebih cermat dan berkesinambungan dengan cara membaca ulang. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel The Boarding mencakup lima aspek, yaitu: (a) tema: perjalanan hidup seseorang dalam menemukan jati diri; (b) tokoh dan penokohan antara lain: tokoh utama: Tasya: keras kepala, sombong, peduli, dan tulus; tokoh tambahan: Dini: sopan, pemaaf, pintar, dan taat beribadah; Asri: cerewet; Sarah: peduli; Bu Nike: suka bergurau dan gaul; Aneta: bertanggungjawab; (c) alur: alur maju; (d) latar tempat: Jakarta dan NIBS Bogor, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam, latar sosial: perbedaan gaya hidup antara di Jakarta dengan di NIBS Bogor; (e) sudut pandang: orang ketiga metode diaan; (2) aspek-aspek sosiologi yang terdapat pada novel The Boarding digolongkan menjadi empat, yaitu (a) aspek perekonomian: ekonomi tinggi dan ekonomi menengah; (b) aspek keagamaan: kepercayaan terhadap Allah dan ajaran agama Islam; (c) aspek cinta kasih: cinta terhadap keluarga dan cinta terhadap teman (d) aspek pendidikan: pendidikan Islami yang diterapkan di NIBS Bogor; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel The Boarding di kelas XII SMA dapat diterapkan dalam pembelajaran analisis teks novel untuk kelas XII SMA, yakni pada kompetensi dasar 3.3 Menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dengan metode pembelajaran inkuiri berbasis saintifik.

 

Kata kunci: Sosiologi sastra, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.