NILAI MORAL PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untukĀ mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Pulang Karya Tere Liye; (2) nilai moral pada novel Pulang karya Tere Liye; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral pada novel Pulang karya Tere Liye di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral pada novel Pulang karya Tere Liye dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini novel Pulang karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Unsur intrinsik novel Pulang terdiri dari tema: kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan, untuk memeluk erat semua kebencian; tokoh: utama dan tokoh tabahan; latar: novel terdiri dari latar tempat: Kampung Talang Tadah Hujan Sumatra, Singapura, Hongkong, Makau, Ibu Kota.; latar waktu: pagi, siang, sore dan malam hari; latar social: yang menunjukkan adat istiadat, kepercayaan, bahasa, kebiasaan, dan pandangan hidup masyarakat Sumatera; alur: maju mundur atau alur campuran; sudut pandang: campuran antara teknik orang pertama dan teknik orang ketiga mahatahu; (2) nilai-nilai moral yang adalah dalam novel Pulang antara lain: hubungan manusia dengan Tuhan: taat dan tawakkal; hubungan manusia dengan manusia: dermawan, tolong menolong, dan pemberi nasihat; hubungan manusia dengan alam sekitar: memuji keindahan alam. (3) skenario pembelajaran novel Pulang di kelas XI SMA Kompetensi Dasar 7.2 menganalisis unsur intrinsik novel Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode TANDUR. Metode ini memiliki enam langkah atau fase pokok, yakni tanamkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan yang sering disebut dengan teknik TANDUR. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Evaluasi pembelajaran adalah teknik tes tertulis, dengan bentuk instrumen soal uraian dan tugas proyek.
Kata kunci: Nilai Moral, Skenario Pembelajaran, SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.