PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model pembelajaran picture and picture; (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah mengguna model pembelajaran picture and picture; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model picture and picture melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Teknik validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase keaktifan siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I sejumlah 7 siswa dengan presentase 58.82% menyatakan pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture membantu siswa dalam menyusun kerangka paragraf deskripsi, sedangkan siswa dengan presentase 41.66% menyatakan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture tidak membantu siswa. Pada hasil kuesioner siklus II sejumlah 11 siswa dengan presentase 91.66% menyatakan pembelajaran dengan model picture and picture membuat siswa lebih tertarik untuk menulis paragraf deskripsi. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kualitas hasil siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing tahun pelajaran 2016/2017 dari hasil nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 67.75, siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 75.00, dan pada siklus II meningkat menjadi 83.75. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi.
Kata kunci: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, picture and picture
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.