KESULITAN PENGUCAPAN KONSONAN DAN DIFTONG PADA SISWA KELAS V C1 SLB PUTRA MANUNGGAL GOMBONG TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kesulitan yang dihadapi siswa dan solusi guru dalam proses belajar pengucapan konsonan dan diftong dalam Bahasa Indonesia; (2) faktor hambatan-hambatan yang dialami siswa dalam mengucapkan konsonan dan diftong dalam Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah hasil observasi siswa kelas V C1 SLB Putra Manunggal Gombong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik (1) studi kepustakaan (2) metode observasi (3) metode wawancara (4) metode dokumentasi. Hasil analisis disimpulkan bahwa (1) Kesulitan yang dihadapi siswa dan solusi guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada pengucapan konsonan dan diftong adalah bahwa anak tunagrahita banyak mengalami gangguan bicara, terlambat dan terbatas dalam perkembangannya, serta mengalami kesulitan dalam memperhatikan situasi di lingkungan sehingga belum mempunyai keinginan untuk bergaul dalam percakapan dengan sesamanya. Solusi guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada pengucapan konsonan dan diftong adalah: (a) melatih anak dengan permainan bunyi misal anak diberi rebana, kaleng diisi batu kemudian dibunyikan. Anak dapat mengamati bahwa sumber bunyi terdapat dalam tangannya sendiri. (b) melatih anak berbicara di depan cermin dengan cara meniru ucapan yang diucapkan oleh guru. (2) Faktor-faktor yang menjadikan hambatan siswa untuk pengucapan konsonan dan diftong adalah anak tunagrahita banyak mengalami gangguan bicara karena lidah yang terlalu pendek, anak kurang mampu menganalisis bunyi yang didengar dan kurangnya koordinasi antara lidah dan bibir.
Kata Kunci: Kesulitan pengucapan konsonan dan diftong, Siswa kelas V SLB.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.