ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL MENGEJAR-NGEJAR MIMPI KARYA ASMA NADIA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA

Devi Rahmawati Kadaryati Bagiya

Abstract


ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) struktur novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia; (2) nilai pendidikan karakter; dan (3) rencana pelaksanaa pembelajaran struktur novel  dan nilai pendidikan karakter dalam novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia di Kelas XI SMA.Subjek penelitian:novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia. Objek penelitian: sikap dan perilaku tokoh dalam novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia. Fokus penelitian: nilai pendidikan karakter.  Sumber data: kutipan-kutipan dari novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia.  Intumen penelitian:  buku pencatatan dan data yang lengkap dengan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data:  teknik observasi dan teknik pustaka. Teknik analisis data: analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data: teknik penyajian informal. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa (a) tema: perjuangan tokoh Dedi Padiku dalam mengejar mimpi/cita-citanya. (b) tokoh utamanya: Dedi Padiku, sedangkan tokoh tambahannya: Iyen, Alun , Suwanda, Iwan, Iton, Ibu Yana, Drg Rafausy Baygas, Zara zettira, dan Gol A Gong. (c) alur: alur campuran, (d) latar dibagi menjadi 3 yaitu; latar tempat, latar waktu, dan latar situasi; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia ada 10 yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan tanggung jawab; (3) pembelajaran novel dengan materi nilai pendidikan karakter pada novel Mengejar-ngejar Mimpi karya Asma Nadia kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran ContextualTeaching and Learning (CTL), sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran dan untuk mencapai standar kompetensi, kompetensi dasar, serta indikator sebagaimana dijelaskan dalam kurikulum.

 

Kata kunci: Nilai pendidikan karakter novel,  rencana pelaksanaan pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.