PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASIDENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING MELALUI MEDIA GAMBARKARIKATUR PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BINANGUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015

AriefWisnuIndaryanto Sukirno Bagiya

Abstract


ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk (1) penerapkanlangkahpembelajaranme­nulisnarasidengantekniklatihanterbimbingmelalui media gambarkarikatur  (2) peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 BinangunCilacap dalam menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing melalui media gambarkarikatur, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas VII SMPN 3 BinangunCilacap dalam menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing menggunakan media gambarkari­katur.Pengumpulan data dilakukanmelaluitekniktesdantekniknontes.Dalamtek­nikanalisis data, penelitimenggunakanteknikkuantitatifdanteknikkualitatif.teknikpenyajianhasil data yang digunakanadalahanalisis informal.Berdasarkanhasilana­lisis data, diketahuibahwa: (1) terlaksanakannyalangkah-langkahpembelajaranmenulisparagrafnarasisesuaidenganprosedur(a) guru membagikangambar, (b) siswamenulisnarasidenganmengembangkan ide-ide gagasan, (2) hasilmenulisnarasidengantekniklatihanterbimbingmelalui media gambarkarikaturprasiklusialah 62,4, siklus I74,7, dan  siklus II 81,2 (3) pengaruhlatihanterbimbingmelaluigambarkarikaturterhadapaktifitassiswa, tahapsiklus I, siswabanyak yang belumantusias, padasiklus II aktifitasdalampembelajaransudahbaik.

 

Kata kunci: menulisnarasidenganlatihanterbimbing, media gambarkarikatur

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.