PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASIDENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING MELALUI MEDIA GAMBARKARIKATUR PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 BINANGUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk (1) penerapkanlangkahpembelajaranmenulisnarasidengantekniklatihanterbimbingmelalui media gambarkarikatur (2) peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMPN 3 BinangunCilacap dalam menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing melalui media gambarkarikatur, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas VII SMPN 3 BinangunCilacap dalam menulis paragraf narasi dengan teknik latihan terbimbing menggunakan media gambarkarikatur.Pengumpulan data dilakukanmelaluitekniktesdantekniknontes.Dalamteknikanalisis data, penelitimenggunakanteknikkuantitatifdanteknikkualitatif.teknikpenyajianhasil data yang digunakanadalahanalisis informal.Berdasarkanhasilanalisis data, diketahuibahwa: (1) terlaksanakannyalangkah-langkahpembelajaranmenulisparagrafnarasisesuaidenganprosedur(a) guru membagikangambar, (b) siswamenulisnarasidenganmengembangkan ide-ide gagasan, (2) hasilmenulisnarasidengantekniklatihanterbimbingmelalui media gambarkarikaturprasiklusialah 62,4, siklus I74,7, dan siklus II 81,2 (3) pengaruhlatihanterbimbingmelaluigambarkarikaturterhadapaktifitassiswa, tahapsiklus I, siswabanyak yang belumantusias, padasiklus II aktifitasdalampembelajaransudahbaik.
Kata kunci: menulisnarasidenganlatihanterbimbing, media gambarkarikatur
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.