PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN DENGAN METODE PENEMUAN PADA SISWA KELAS XII ANIMASI SMK TKM PERTAMBANGAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran mengapresiasi cerpen dengan metode penemuan pada siswa kelas XII Animasi SMK TKM Pertambangan Kebumen, (2) aktivitas belajar siswa kelas XII Animasi SMK TKM Pertambangan Kebumen dalam pembelajaran mengapresiasi cerpen dengan metode penemuan, (3) peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas XII Animasi SMK TKM Pertambangan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Animasi SMK TKM Pertambangan Kebumen sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes untuk mengukur hasil mengapresiasi cerpen. Teknik nontes berupa hasil aktivitas belajar siswa mengapresiasi cerpen. Dalam proses pembelajaran mengapresiasi cerpen dengan metode penemuan siswa: a) membentuk kelompok, b) membaca teks cerpen, c) membuat simpulan sementara berdasarkan judul cerpen, d) membuktikan simpulan sementara melalui kegiatan mencari unsur intrinsik, e) menyampaikan hasil penyelidikan. Aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik dengan metode penemuan. Pada siklus I aspek antusias, sejumlah 15 siswa atau 49% antusisas dalam belajar, pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 81%. Pada aspek perhatian, pada siklus I siswa yang memperhatikan sejumlah 10 siswa atau 32%, pada siklus II menjadi 27 siswa atau 87%, pada aspek keaktifan pada siklus I siswa yang aktif sejumlah 13 siswa atau 42%, pada siklus II menjadi 25 siswa atau 81%. Hasil kemampuan mengapresiasi cerpen siswa terlihat meningkat dari nilai rerata kelas. Tahap prasiklus nilai rata-rata siswa sebesar 68,9, pada siklus I meningkat menjadi 77,94, dan siklus II meningkat menjadi 83,61.
Kata kunci : kemampuan mengapresiasi cerpen dan metode penemuan
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.