ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL DI ANTARA DUA SUJUD KARYA MUHAMMAD IRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata (2) nilai religius sastra pada novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata yang meliputi aspek nilai pendidikan akhlak novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran sastra pada novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang diteliti adalah unsur intrinsik dan nilai religius pada novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata meliputi tema, yang terbagi menjadi dua macam yaitu (a) tema mayor dan (b) tema minor: keteguhan iman seorang pemuda yang selalu diuji oleh berbagai fitnah dunia; Alur: campuran. Tokoh utama: Furqon, tokoh tambahan: Aslam, Angel, Nayumi, Savana, Haura, Maidon, Kataro. Latar tempat: Kota Manado, Jepang. Latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari. Sudut pandang yang digunakan adalah persona ketiga. (2) nilai religius sastra novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata yaitu pendidikan akhalak yang meliputi: sabar, taobat, optimistis, bersyukur, menerima hidayah, berbakti kepada kedua orang tua, dan tolong-menolong. (3) rencana pelaksanaan pembelajaran sastra novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata di kelas X SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsur intrinsik novel dan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra; mengidentifikasi dan menganalisis unsur intrinsik dan nilai religius pada novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata secara kelompok; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi setiap kelompok dengan kelompok lain; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan.
Katakunci: nilai religius, unsur intrinsik, rencana pelaksanaan pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.