PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI MELALUI MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis argumentasi melalui media karikatur pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo; (2) pengaruh penggunaan media karikatur sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo;
(3) peningkatan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo setelah diberi pembelajaran menulis melalui media karikatur. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) proses pembelajaran menulis argumentasi dengan media karikatur meliputi a) siswa dibagikan gambar karikatur, b) siswa membaca dan mencermati gambar karikatur, c) siswa menuliskan sebuah argumentasi sesuai dengan gambar karikatur, dan d) guru dan siswa mendiskusikan, menemukan, dan membetulkan kesalahan tulisan siswa. (2) penggunaan media karikatur dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa di kelas. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dan perubahan ke arah yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media karikatur. (3) peningkatan keterampilan menulis siswa dapat dilihat dari skor rata-rata tes awal hingga siklus II yang mengalami peningkatan. Skor rata-rata keterampilan menulis argumentasi yang diperoleh pada tes awal ialah 54, 61 mengalami peningkatan menjadi 68, 10 pada siklus I, sedangkan siklus II memperoleh skor rata-rata 75, 58.
Kata Kunci: keterampilan menulis argumentasi, media karikatur
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.