NILAI PENDIDIKAN MORAL NOVEL KEMI 3 TUMBAL LIBERALISME KARYA ADIAN HUSAINI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini; (2) nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini; dan (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel dengan model group investigation sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu kartu pencacat data, bolpoin, pensil dan buku-buku yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Teknik analisis data menggunakan “content analysis” atau analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) unsur intrinsik novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini terdiri dari: (a) tema dalam novel tersebut adalah perjuangan Kemi untuk dapat lepas dari kelompok paham liberalis, b) tokoh dan penokohan: tokoh utama adalah Kemi dengan sifat rajin, rendah hati dan religius, bijaksana, rajin beribadah dan baik, cerdas, pintar dan berbakat; tokoh tambahan di antaranya Pak Karmi dengan penyayang, rendah hati, tulus dan ikhlas; Dokter Rajil Singgah Sanasini dengan sifat tenang dan berwibawa, emosional dan pandai; Tobil dengan sifat sombong, egois dan bodoh; Dokter Nasrul dengan sifat pandai dan berwajah tampan, suka bercanda (humoris) dan setia; Ahmad Petuah dengan sifat perhatian, ramah dan tenang dan rendah hati; Kiai Rois dengan sifat sederhana dan ramah, suka bercanda (humoris) dan bertanggung jawab, c) Alur dalam cerita tersebut maju, d) Latar terdiri dari: latar tempat meliputi: Pesantren Minhajul Abidin, Madiun, Solo, rumah Rajil, Rumah Sakit Ciptonegoro, Kantor Harian Indonesia Jaya; latar waktu: kurun waktu 8 tahun antara Tahun 2007 sampai dengan tahun 2015 dengan ditandai penyebaran paham liberalisme, pluralisme dan lain-lain serta perkembangan penghalalan LGBT; latar sosial: Kehidupan sosial masyarakat yang sudah modern dengan budaya dan gaya hidup liberalisme, pluralisme dan materialistis serta merosotnya moral di setiap lini kehidupan. e) Pusat pengisahan atau sudut pandang menggunakan orang ketiga, f) amanat: berpikir kritis, mengajarkan berjihat, dan terus belajar, (2) nilai pendidikan moral dalam novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini mencakup tiga aspek yaitu: (a) nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: rendah hati, tenang, pandai, berani, kritis, ikhlas hati, disiplin dan rajin; (b) nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia lain dan dalam lingkup sosial meliputi: tolong menolong, sopan, perhatian terhadap orang lain, sabar menghadapi perbedaan, ramah dan baik kepada orang lain; (c) nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa meliputi: bersyukur kepada Tuhan, mengingat Tuhan, berdoa, percaya adanya Tuhan dan beribadah, dan (3) Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme karya Adian Husaini dengan model group investigation sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA pada kompetensi dasar 7.2 menyimak dan pada kompetensi dasar membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja masih sangat relevan. Melihat kenyataan dan keadaan tentang kegunaan serta manfaat keempat nilai pendidikan yang terdapat dalam novel untuk pembentukan sikap dan karakter anak didik di SMA.
Kata Kunci : nilai pendidikan moral, novel Kemi 3 Tumbal Liberalisme, rencana pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.