ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL KEMBARA KARYA PRADANA BOY ZTF DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

Inggar Rahmi Manggali

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Kembara, (2) nilai pendidikan karakter Kembara, dan (3) rencana pelaksanaan pem­belajaran novel Kembara Karya Pradana Boy ZTF dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel novel Kembara karya Pradana Boy ZTF. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter novel Kembara dan rencana pe­laksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat), nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini menggunakan kartu pencatat data. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Kembara, meliputi tema: keteguhan seorang pemuda bernama Fatih dalam pencarian jati diri, perjuangan dalam kehidupan, dan perjalanan tentang cintanya; tokoh utama: Fatih dan Amra; tokoh tambahan: Orang tua Fatih, Rahman, Joko, Kiai Kamil, Haji Rasyid, Hambali, Rendy, Avis, Romy, Dita, dan Zuhdi; alur: maju; latar: waktu, tempat, sosial; sudut pandang: orang ketiga sebagai pencerita terbatas; amanat: harus berpikir ke depan, (2) nilai pendidikan karakter novel Kembara meliputi: a) religius: salat, mengaji, khataman, pelantun azan, berdoa, dan bersyukur; b) cinta damai: rukun; c) toleransi: toleransi terhadap agama; d) kerja keras: berjuang dan pantang menyerah; e) komunikatif: berkenalan dan suka bercerita; f) gemar membaca: membaca buku ilmu dan membaca novel; g) kreatif: merangkai kata; h) disiplin: tekun dalam usaha; i) mandiri: meninggalkan dunia anak dan hidup mandiri; j) rasa ingin tahu: penasaran; k) tanggung jawab: tanggung jawab terhadap pekerjaannya, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Kembara Karya Abidah El Khalieqy menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik novel Indonesia. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu tertulis dengan menggunakan tes esai.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, Kembara, RPP


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.