PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fadilah Wahyu Utami

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture, (2) pengaruh metode picture and picture terhadap pembelajaran menulis puisi, dan (3) peningkatan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture pada siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Kebumen yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang diawali dengan prasiklus dilanjutkan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Dalam analisis data digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran prasiklus siswa menulis puisi dengan tema bebas tanpa menggunakan metode picture and picture. Pada siklus I pembelajaran mulai menggunakan metode picture and picture melalui gambar berseri yang bertemakan bencana alam, selanjutnya dari gambar yang sudah diamati tersebut siswa dapat menemukan kata-kata yang dapat dibuat menjadi sebuah puisi. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, siswa menulis puisi menggunakan metode picture and picture melalui gambar berseri yang mengenai keindahan alam. Proses pembelajaran pada siklus ini, telah berjalan dengan lancar seperti yang diingikan oleh guru. Kegiatan pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II sama-sama melaksanakan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi; (2) pengaruh metode picture and picture terhadap minat dan sikap siswa pada kegiatan prasiklus dapat diketahui melalui angket dan observasi. Siswa mengalami perubahan sikap dan minat pada saat proses pembelajaran menulis puisi menggunakan  metode picture and picture. Hal ini dilihat dari hasil nontes prasiklus sampai siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih sedikit yang berperan aktif pada pembelajaran dengan persentase rata-rata 32,59%, pada siklus I peran aktif siswa sudah meningkat presentase rata-rata menjadi 54,33%, pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan presentase rata-rata 87,68%; dan (3) terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Kebumen setelah diadakan penelitian keterampilan menulis puisi menggunakan metode picture and picture. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada prasiklus nilai rata-rata hanya 64,89, siklus I meningkat menjadi 73,44 dan siklus II meningkat menjadi 79,33.

 

Kata Kunci : Keterampilan Menulis Puisi, Metode Picture and Picture


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.