PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XI SMK N 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) Langkah-langkah keterampilan menulis deskripsi dengan media gambar pada siswa kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016; (2) pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis deskripsi terhadap aktifitas belajar siswa, perhatian, dan keaktifan siswa kelas XI SMK N 4 PurworejoTahun Ajaran 2015/ 2016; (3) peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan media gambar pada siswa kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis karangan deskripsi, sedangkan teknik non tes berupa pengamatan, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik validitas data melalui triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi metode. Dalam penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Langkah-langkah penerapan media gambar dalam penulisan karangan deskripsi antara lain: a) siswa mengamati gambar yang diberikan oleh guru. b) mengidentifikasi dengan menentukan tema dan rincian gambar. c) menguraikan/ mengembangkan menjadi karangan deskripsi sesuai dengan tema gambar yang diberikan oleh guru,dan d) mempresentasikan atau mengemukakan pendapat tentang hasil belajarnya. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas XI Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) 1SMK N 4 Purworejo setelah diadakannya penelitian keterampilan menulis deskripsi dengan media gambar. Hasil nilai rerata pada tahap prasiklus sebesar 54,83%, dan pada siklus I hasil nilai rerata siswa meningkat menjadi 75,1%, sedangkan pada tahap siklus II kembali meningkat sebesar 85,22%.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Media Gambar.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.