PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

Risang Harjati Mukti

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Discovery Learning terhadap motivasi belajar peserta didik dalam memahami struktur dan kaidah teks cerpen, 2) pengaruh Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dalam memahami struktur dan kaidah teks cerpen, 3) perbandingan kemampuan peserta didik dalam memahami struktur dan kaidah teks cerpen yang diajar dengan model Discovery Learning dengan peserta didik yang tidak diajar dengan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 53 peserta didik, dengan kelas XI MIA 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan tes. Kuesioner, berupa skala sikap digunakan untuk mengetahui motivasi belajar. Tes berupa soal pilahan ganda berjumlah 20 butir. Tes ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar memahami struktur dan kaidah teks cerpen. Hasil penelitian dengan taraf signifikasi α=0,05 menunjukkan bahwa peserta didiksetelah mendapat perlakuan model pembelajaran Discovery Learninglebih termotivasi yaitu dari skor 80,00 menjadi 85,62.Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar pascates kelompok eksperimen berpengaruh yaitu dari nilai rata-rata 53,28 menjadi 74,14. Selisih nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning 20,86,  sedangkan selisih nilai rata-rata peserta didik yang tidak diajar dengan model Discovery Learning 30,96. Simpulan dari penelitian ini adalah1) terdapat pengaruh yang positif penggunaan model Discovery learning terhadap motivasi belajar peserta didik, 2) terdapat pengaruh yang positif penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik, dan 3) peserta didik yang diajar dengan model Discovery Learning hasilnya lebih baik daripada peserta didik yang tidak diajar dengan model Discovery Learning.

Kata kunci: Discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.