PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Riska Fitriana

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis teks eksplanasi melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis media audiovisual; (2) peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis media audiovisual; (3) perubahan perilaku siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbasis media audiovisual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petanahan tahun ajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran melalui think pair share (TPS) berbasis media audiovisual dilakukan dengan cara belajar berkelompok yaitu siswa mengamati video (think), kemudian siswa berkelompok berpasangan (pair), terakhir siswa mempresentasikan hasil diskusi di kelas (share); (2) terdapat peningkatan keterampilan menulis yang dilihat dari hasil rata-rata setiap tindakannya. Pada prasiklus mencapai nilai rata-rata 68,11, siklus I sebesar 75,72 dan pada siklus II sebesar 81,71; (3) perubahan perilaku siswa ke arah positif dilihat dari pengamatan siklus II pada aspek (a) kesiapan siswa ≥ 85%, (b) tangapan siswa 70-84%, (c) keaktifan siswa 70-84%, (d) tanggung jawab siswa 70-84%, (e) kerjasama siswa ≥ 85%, (f) keseriusan siswa ≥ 85%.

 

Kata Kunci: menulis teks eksplanasi, think pair  share (TPS), dan media audiovisual


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.