PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KALIGESING TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis paragraf eksposisi melalui media Audiovisual; (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf eksposisi setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan media Audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kaligesing, sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis paragraf eksposisi. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal.Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran menulis paragraph eksposisi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah kaligesing tahun pelajaran 2016 menjadi lebih baik. Keterampilan menulis paragraf eksposisi pada tahap prasiklus diperoleh rata-rata 60.00 (cukup). Setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan media audiovisual nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan mencapai 72.08 pada siklus I (baik) dan siklus II meningkat menjadi 77 (baik).
Kata kunci: keterampilan Menulis, paragraf eksposisi, audiovisual
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.