PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT DENGAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Dyah Kartika Rani

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis pesan singkat dengan model think talk writesiswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, (2)peningkatan minat siswa terhadap keterampilan menulis pesan singkat dengan model think talk write pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, (3) peningkatan hasil keterampilan menulis pesan singkat dengan model think talk write pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis pesan singkat dengan model think talk write pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, yaitu (a)siswa memilih tema dalam selembar kertas, (b) siswa menuliskan kerangka dalam pesan singkat, (c) siswa merangkai kerangka pesan singkat menjadi sebuah pesan singkat, (2) minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis pesan singkat terdapat perubahan positif terhadap perilaku siswa dalam menulis pesan singkat dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus, hasil minat belajar siswa hanya mencapai 51,61% dan aktivitas siswa mencapai 35,48%. Pada siklus I, hasil minat belajar siswa hanya mencapai 70,97% dan aktivitas siswa mencapai 70,97%. Pada siklus II, minat belajar siswa hanya mencapai 90,32% dan dan aktivitas siswa mencapai 74,13%, (3) model think talk write dapat meningkatkan keterampilanmenulis pesan singkat. Hal ini dapat ditandai dengan adanya peningkatan hasil pembelajaran menulis pesan singat. Pada prasiklus hanya mencapai 25,80% atau 8 siswa yang mencapai batas ketuntasan (KKM 75) dengan rata-rata 60,58, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 72,29. selanjutnya, pada siklus II meningkat menjadi 79,71.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.