PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KROYA TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi: 1) proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kroya tahun ajaran 2015/2016 menggunakan model quantum teaching, 2) perubahan perilaku belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kroya setelah menggunakan model quantum teaching dalam pembelajaran menulis puisi, dan 3) peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan model quantum teaching siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kroya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kroya menggunakan model quantum teaching, yaitu siswa (a) mengamati video, (b) mengidentifikasi poin-poin penting dalam tayangan video, (c) menyiapkan beberapa diksi, (d) menulis puisi berdasarkan diksi, (e) membacakan puisi di depan kelas, dan (f) memberikan penghargaan kepada teman yang membacakan puisi. Pengaruh model quantum teaching terhadap perilaku belajar siswa dapat dilihat pada Siklus II, yaitu motivasi belajar meningkat menjadi 86,36%, perhatian terhadap pembelajaran meningkat menjadi 100%, keaktifan meningkat menjadi 100%, keberanian meningkat menjadi 81,82%, kemandirian meningkat menjadi 63,64%, dan apresiasi terhadap pembelajaran meningkat menjadi 90,91%. Peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis, yaitu 64,77 pada prasiklus, meningkat menjadi 72,68 pada siklus I, dan 79,86 pada siklus II.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Model Pembelajaran QuantumTeaching.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.