ANALISIS NILAI RELIGIOSITAS NOVEL MOSLEM IN LOVE KARYA AISYA AZZAHRA DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra; (2) nilai religiositas dalam novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra; dan (3) rencana pembelajaran novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Objek penelitian ini adalah novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulis dibantu kartu pencacat data, dan buku-buku yang relevan yang mendukung sebagai acuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan “content analysis.” Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Hasil analisis penelitian ini disimpulkan (1) unsur intrinsik dalam novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra sebagai berikut: (a) tema: kesabaran dalam menghadapi ujian, (b) tokoh utama: Ridwan, Mahmud Salim, Umi Sabila, Aina, Rachmad, Ghabir, dan Abang Farid, tokoh tambahan: Royyan, Rohim, Hasan, Kiai Ibnu, dan Hafsah, (c) alur: alur campuran, (d) latar dalam novel ini terdiri dari latar tempat: Kampus STAINU, Klirong, Bocor, Dusun Watukuwuk, dan Ruang sel tahanan. Latar waktu: pagi hari, sore hari, dan malam hari, sedangkan latar sosial pada novel Moslem In Love adalah masyarakat Jawa, tepatnya di Kebumen, (e) sudut pandang: sudut pandang persona ketiga “dia” dan sudut pandang persona pertama “Aku”, (2) aspek nilai religiositas yang ditemukan, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhannya: nilai aqidah seperti beribadah, berdoa, bersyukur, bersabar; (b) hubungan manusia dengan manusia, seperti tolong-menolong, kasih sayang, rela berkorban, dan jujur; (c) hubungan manusia dengan alam sekitarnya, yaitu: mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan; (3) rencana pembelajaran novel Moslem In Love karya Aisya Azzahra sebagai materi ajar apresiasi sastra di kelas XI SMA, meliputi: (a) tahap awal: guru dan siswa datang tepat waktu dan berdoa (b) tahap inti: tahap eksplorasi, tahap elaborasi, dan tahap konfirmasi (c) penutup: guru dan siswa membuat simpulan dari materi yang telah dipelajari dan sebagai evaluasi, siswa diberikan tugas mengerjakan lembar soal yang telah disiapkan oleh guru.
Kata kunci: nilai religiositas novel dan rencana pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.