PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA ULANG DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS XI MAN KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Yekti Indriyani

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menulis cerita ulang dengan metode latihan terbimbing berdasarkan pengalaman pribadi, pengaruh metode latihan terbimbing berdasarkan pengalaman pribadi terhadap sikap dan minat, serta peningkatan keterampilan menulis cerita ulang siswa  kelas XI MAN Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode latihan terbimbing berdasarkan pengalaman pribadi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, angket, wawancara, jurnal, dan dokumentasi (foto). Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis cerita ulang dengan metode latihan terbimbing berdasarkan pengalaman pribadi, meliputi: penyampaian materi, memberi contoh cerita ulang, siswa mengulas pengalaman yang pernah dialami, membuat kerangka dan mengembangkan cerita ulang berdasarkan pengalaman pribadi dengan tema yang telah ditentukan, guru berkeliling kelompok memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa, siswa membacakan hasil menulis cerita ulang, guru mengomentari hasil cerita ulang siswa. Pembelajaran tersebut terbukti mengubah sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis cerita ulang. Peningkatan keterampilan menulis cerita ulang dengan metode latihan terbimbing berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas XI MAN Kutowinangun mengalami peningkatan, setelah diterapkan metode latihan terbimbing tahap siklus I dan siklus II. Hal itu,  dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas tahap prasiklus yaitu 66,06 ; siklus I sebesar 76,87 ; dan siklus II sebesar 80,71. Rata-rata hasil siklus I dan siklus II telah memenuhi batas standar KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 76. Hasil peningkatan dari pra­siklus ke siklus I sebesar 10,81 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 3,84.

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Cerita Ulang, Metode Latihan Terbimbing, Pengalaman Pribadi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.