ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH KLOPOGODO, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN, TAHUN 2014/2015

Sri Wardani

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan penulisan tanda baca titik, (2) mendeskripsikan kesalahan penulisan tanda baca koma, dan (3) mendeskripsikan kesalahan penulisan huruf kapital.  Dalam penelitian ini digunakan deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Klopogodo. Objek penelitian ini berupa karangan siswa kelas 5 MI Muhammadiyah Klopogodo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat pencatat data. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode agih. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) kesalahan kalimat dalam menggunakan tanda baca titik sebanyak 37 dari 483 kesalahan atau sebesar ; (2) kesalahan kalimat dalam menggunakan tanda baca koma sebanyak 29 dari 426 kesalahan atau sebesar ; dan (3) kesalahan kalimat dalam menggunakan huruf kapital sebanyak 53 dari 661 kesalahan atau .

Kata kunci: kesalahan ejaan, karangan siswa kelas V.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.