KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIISLB BUDI ASIH KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012
Abstract
ABSTRAK; Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran menulis paragraf narasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SLB Budi Asih Gombong tahun pembelajaran 2011/2012; (2) perubahan sikap dan tingkah laku (khususnya sikap dan minat) siswa Kelas VII SLB Budi Asih Gombong; (3) peningkatan kemampuan menulis paragraf narasi pada siswa kelas VII SLB Budi Asih Gombong tahun pembelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media gambar.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, diskusi, dokumentasi, dan tes.Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif, serta penyajian data menggunakan teknik informal.Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf narasi pada siswa kelas VII SLB Budi Asih Gombong ditempuh dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus ditempuh dalam empat tahapan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Perbedaan dalam masing-masing siklus terletak pada penggunaan media; (2) pengaruh media gambar terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf narasi dapat dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus hanya 1 siswa yang benar-benar memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus I sikap siswa meningkat menjadi baik, yaitu ada 3 siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus II sikap siswa meningkat lagi menjadi semua siswa memperhatikan penjelasan guru;(3) peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media gambar terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 4,5 menjadi 64,25 pada siklus I, dan meningkat menjadi 82,5 pada siklus II.
Kata Kunci: kemampuan menulis, paragraf narasi, dan media gambar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.