NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL PESANTREN UNDERCOVER KARYA HAS CHAMIDI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Siti Mujaemah

Abstract


Abstrak: Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, adalah (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi; (2) mendeskripsikan nilai kearifan lokal dalam novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi; dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran nilai kearifan lokal dalam novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi di kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik dalam novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi meliputi: tema: kisah cinta dalam dunia pesantren; tokoh dan penokohan: Gus Ba (rajin,cerdas, berjiwa pemimpin), Jamilah (ringan tangan,mudah bergaul, cekatan), Fatimah (tegas, keras), Kyai Zen (sabar,tenang, perhatian terhadap anak), dan Nyai Salamah (penyayang, patuh, piawai); alur/plot: campuran; latar terdiri: latar tempat: kompleks Pesantren Alaswangi, latar waktu: pagi, siang, malam, latar sosial: kehidupan masyarakat Jawa; sudut pandang: orang ketiga maha tahu; bahasa: Bahasa Jawa, Inggris, dan Arab, gaya bahasa: hiperbola, perbandingan, dan personifikasi; amanat: manusia berhak membuat rencana, tapi Allah yang menentukan (2) nilai kearifan lokal dalam novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi meliputi: peralatan kehidupan manusia (kentongan), mata pencaharian (petani), sistem kemasyarakatan (gotong royong ketika terjadi musibah), sistem bahasa dan sastra (proporsi/ungkapan), kesenian (puji-pujian), sistem pengetahuan (pengetahuan tentang sifat-sifat dan tingkah laku manusia), sistem religi (acara selamatan empat puluh hari orang meninggal, haul, puasa weton, dan ritual pancingan); (3) skenario pembelajaran novel Pesantren Undercover karya HAS Chamidi dilaksanakan dengan menggunakan metode Inquiry Learning dan Learning Community. Langkah-langkah pembelajaran meliputi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan  kegiatan penutup. Penilaian hasil belajar dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri siswa, dan tes tertulis.

 

Kata Kunci: Nilai kearifan lokal, novel, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.