Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Jigsaw Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP Ulul Albab Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo. Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, proses pembelajaran dilakukan dengan media gambar saja. Pada tahap siklus I dan II, proses pembelajaran menggunakan metode jigsaw melalui media gambar dengan membagi siswa menjadi tujuh kelompok, peneliti menjelaskan materi pembelajaran lalu dikembalikan ke siswa untuk dipelajari lagi secara berkelompok, membagikan gambar kepada siswa per kelompok, dan menugaskan siswa untuk menulis puisi sesuai gambar yang telah dibagikan. Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata siswa 62,02. Pada tahap siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,95. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 72,50. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan metode jigsaw melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP IT Ulul Albab Purworejo meningkat.
Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, metode jigsaw, media gambar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.