ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL AIR MATA NAYLA KARYA MUHAMAD ARDIANSHA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Muchamad Yazman Ardiansyah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai instrinsik, aspek sosiologi dalam novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha dan skenario pembelajarannya di SMA kelas XI. Sumber datanya adalah novel Air Mata Nayla karya Muhamad Ardiansha. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis model interaktif. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Tema novel ini adalah seseorang yang mencari jati diri. Tokoh utama Hanif, tokoh tambahan Pak Aziz, Bu Maisa, Minan, Nayla, Sayla, Tomy, Mbak Nadia, Pak Rudi, dan Arie. Alur maju. Latar tempat yaitu Masjid Baitul Janah, SMA Negeri 2 Pontianak, Rumah Sakit, Pondok Pesanteren Darussalam, dan Rumah Pak Azizz,  latar waktu yaitu pagi, siang, dan malam, latar sosial dalam novel ini adalah kehidupan masyarakat nelayan. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu. Amanat yang disampaikan yaitu menolong orang yang kesusahan dan  sebagai orang yang taat dengan aturan-aturan agama yang dianut. (2) Aspek-aspek sosiologi digolongkan menjadi empat, yaitu (a) cinta kasih: (b) moral: (c) pendidikan; (d) kepercayaan; (d) perekonomian. (3) metode pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions). Langkah-langkah pembelajarannya adalah: (a) pesertak didik dikelompokan menjadi empat anggota tim yang heterogen; (b) setiap anggota tim menggunakan lembar  kerja akademik dan diskusi antarsesama anggota tim; (c) secara individual atau tim, setiap minggu guru mengevaluasi untuk mengetahui penguasaan materi; (d) setiap siswa dan tiap tim diberi skor atas penguasaan bahan ajar.

 

Kata kunci: aspek sosiologi, unsur intrinsik, novel air mata nayla

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.