ANALISIS PSIKOLOGIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL TAK SEMPURNA KARYA FAHD DJIBRAN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Sri Hidayati

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai psikologis kepribadian tokoh utama novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran, (2) keterkaitan antara id, ego, dan superego tokoh utama novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran, dan (3) skenario pembelajaran novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang meliputi: (1) objek penelitian, yaitu teks novel Tak Sempurna Karya Fahd Djibran; (2) fokus penelitian, yaitu psikologis kepribadian tokoh utama yang meliputi id, ego, dan superego; (3) instrumen penelitian, yaitu penulis sebagai peneliti dengan bantuan kartu pencatat data beserta alat tulis; (4) pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi; (5) analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi; dan (6) hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) psikologis kepribadian tokoh utama novel Tak Sempurna Karya Fahd Djibran meliputi id (aspek biologis); ego (aspek psikologis); dan superego (aspek sosiologis); (2) Keterkaitan antara id, ego, dan superego pada tokoh utama  novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran yang dominan adalah Id atau aspek biologis; (3) skenario pembelajaran novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran di kelas XI SMA sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Langkah-langkah  pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

kata kunci: psikologis kepribadian, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.