ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH DI SERIBU OMBAK KARYA ERWIN ARNADA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS X SMA

Aryudha Swadana

Abstract


ABSTRAK: Penelitaian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, dan rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rumah di Seribu Ombak di kelas X SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada, objek penelitian adalah unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas X SMA, penelitian ini difokuskan pada unsur intrinsik meliputi; tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang serta delapan belas nilai pendidikan karakter yang meliputi, serta rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas X SMA; teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka; teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analisys); teknik penyajian hasil analisis menggunakan teknik informal.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) identifikasi unsur intrinsik dalam novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada, yaitu; (a) tema, novel tersebut bertema toleransi (b) tokoh dan penokohan, meliputi; Samihi (tokoh utama), Wayan Manik, Haji Aminullah dan Syamimi, yang ketiganya merupakan tokoh pendamping, (c) alur dalam novel tersebut adalah alur mundur, (d) latar, meliputi; latar tempat, latar waktu, latar sosial dan latar suasana; (e) pusat pengisahan menggunakan persona ketiga (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah di Seribu Ombak , antara lain; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab; (3) novel Rumah di Seribu Ombak karya Erwin Arnada  dapat dijadikan bahan pembelajaran di kelas X SMA pada kompetensi dasar 7.1 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pembelajaran novel tersebut digunakan tanya jawab dan penugasan. Strategi pembelajaran yang digunakan ialah pendahuluan, penentuan sikap aktif, penyajian, dan tugas-tugas praktis.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, novel Rumah di Seribu Ombak, rencana pelaksanaan pembelajaran di sma.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.