PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTOWINANGUN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun, (2) penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kutowinangun tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes (observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi). Dalam analisis data digunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang aktif menanggapi stimulus dari guru sebesar 12,5% pada siklus I menjadi 44%, pada siklus II menjadi 85%. Penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kualitas hasil siswa dalam membaca puisi. Hal ini dengan adanya peningkatan nilai pembelajaran membaca puisi siswa. Pada saat prasiklus hanya sebesar 12,5% siswa yang telah mencapai batas ketuntasan (KKM 75) dengan nilai rata-rata 49,22, pada siklus I sebesar 40,6% dan nilai rata-rata 64,96 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan nilai rata-rata 82,68 dan nilai tertinggi adalah 92. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pemodelan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIIE SMP 2 Kutowinangun Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: kemampuan membaca puisi, metode pemodelan.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.