KAJIAN PSIKOLOGIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KAU, AKU, DAN SEPUCUK ANGPAU MERAH KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Teguh Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye, (2) wujud kepribadian tokoh utama Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis disajikan secara informal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah terdiri dari tema, yaitu perjuangan hidup; alur dalam novel tersebut tergolong ke dalam alur campuran; tokoh dan penokohan, Borno sebagai tokoh utama; teknik pelukisan tokoh secara dramatik; latar terbagi menjadi (a) latar tempat meliputi Kota Pontianak dan Surabaya; (b) latar waktu meliputi pagi, siang, sore, dan malam; (c) latar sosial meliputi seorang anak nelayan, ketua PPSKT, dokter gigi, pengemudi sepit, anak orang kaya dan pemilik dan montir bengkel; latar dalam novel berfungsi sebagai metafora dan atmosfer; sudut pandang yang digunakan orang pertama tunggal; dan amanat, manusia harus bekerja keras. (2) Wujud kepribadian tercermin dari sikap dan perilaku tokoh utama dalam novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah meliputi penyabar, jujur, pemalu, pekerja keras, rendah hati, pemaaf dan ikhlas. (3) Skenario pembelajaran unsur intrinsik dan kepribadian tokoh utama novel Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah karya Tere Liye di kelas XI berdasarkan standar kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/novel terjemahan yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap evaluasi dilaksanakan secara tertulis dengan teknik tes (tes esai) dan teknik nontes (kuesioner).

 

Kata kunci: unsur intrinsik, novel, kepribadian, dan skenario pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.