NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy; (2) nilai pendidikan akhlak novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Sirazy, (3) skenario pembelajaran novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah teks novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy. Fokus penelitian ini berupa nilai pendidikan akhlak novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy serta skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data berupa novel, buku sastra, kutipan langsung dan tidak langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri dengan bantuan kartu pencatat data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis isi. Analisis disajikan dengan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) struktur novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy; (2) nilai pendidikan akhlak yang berupa akhlak terhadap Allah Swt., akhlak terhadap Rasulullah Saw, akhlak pribadi, akhlak dalam keluarga, akhlak bermasyarakat; (3) skenario pembelajaran novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif Group Investigation. Metode yang digunakan, adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran novel Bumi Cinta secara tertulis dengan menggunakan tes esai.
Kata kunci: nilai pendidikan akhlak novel, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.