PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA DENGAN MEDIA TAJUK RENCANA PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 KALIWIRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menulis berita dengan media tajuk rencana pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kaliwiro; (2) pengaruh penggunaan media tajuk rencana terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kaliwiro; (3) peningkatan keterampilan menulis berita setelah diadakan pembelajaran dengan media tajuk rencana pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kaliwiro. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menulis berita dengan media tajuk rencana, yaitu (1) siswa membaca tajuk rencana yang telah disiapkan guru; (2) guru memandu siswa untuk menuliskan pokok-pokok penting yang terdapat dalam tajuk rencana, pokok-pokok penting tersebut merupakan pokok-pokok penting yang terdapat dalam berita yakni 5W+1H; (3) siswa mengembangkan pokok-pokok penting menjadi teks berita yang singkat, padat, dan jelas. Pengaruh media tajuk rencana terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran menulis berita dapat dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus sikap siswa hanya mencapai 17% dan minat siswa mencapai 50%. Pada siklus I sikap siswa meningkat menjadi 42% dan minat siswa menjadi 71%. Pada siklus II sikap siswa mencapai 79% dan minat siswa mencapai 92%. Peningkatan keterampilan menulis berita dengan media tajuk rencana terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 61,25 menjadi 71,17 pada siklus I dan meningkat menjadi 78 pada siklus II.
Kata Kunci: menulis berita, media tajuk rencana
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.