PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII MTs PADURESO KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Supri Hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan metode field trip; (2) peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII MTs Padureso Kebumen tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode field trip. Objek penelitian adalah keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas VII MTs Padureso Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode field trip dilakukan dengan cara belajar meninjau dan mengamati keadaaan objek berdasarkan pengalaman siswa dengan lingkungan nyata siswa di sekolah dan masyarakat; (2) pembelajaran dengan menggunakan metode field trip dapat meningkatkan keterampilan keterampilan menulis karangan deskripsi. Skor rata-rata keterampilan menulis karangan deskripsi yang diperoleh pada prasiklus sebesar 55,90 dikategorikan kurang, siklus I sebesar 66,27 dikategorikan cukup, dan siklus II sebesar 76,63 dikategorikan baik.

 

Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan deskripsi, metode field trip


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.