ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL WO AI NI, ALLAH KARYA VANNY CHRISMA W. DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tema dan fakta cerita, (2) nilai religius novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W., (3) dan rencana pelaksanaan pembelajaran novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W. di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah teks novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W. fokus penelitian ini berupa tema dan fakta cerita, dan nilai religius. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W. adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan untuk penyajian hasil adalah metode informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) tema dan fakta cerita (tokoh dan penokohan, alur, dan latar) novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W. yang meliputi: (a) tema: perjalanan mencari keberadaan Tuhan yang dilakukan gadis kecil dari amanah seorang ayahnya sampai ia menemukan Islam sebagai jawabannya, (b) tokoh terbagi menjadi dua yaitu tokoh utamanya Amei Chan dan tokoh tambahannya Tan Tio, Mei Hwa, Husain, dan ustadz Rohim, (c) alur maju (d) latar terbagi menjadi empat yaitu latar waktu: malam hari, sore hari, pagi hari, setengah jam kemudian, dua bulan kemudian dan tengah malam yang sepi, latar tempat: terjadi dibeberapa tempat di Surabaya, latar sosial budaya: pengajian rutin di Masjid, dan latar suasana: senang, sedih, dan ketakutan; (2) nilai religius novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma W. digolongkan menjadi tiga meliputi: akidah: Iman kepada Allah, Iman kepada Kitab, dan Iman kepada Rosul, akhlak: bersyukur, menerima hidayah, tolong menolong, dan berbakti kepada orang tua, syariah: perintah memakai jilbab,dan menjaga diri dari seorang yang belum mahram; (3) Pembelajaran novel Wo Ai Ni, Allah karya Vanny Chrisma di kelas XI SMA dengan menggunakan model pembelajaran diskusi. Langkah-langkah pembelajaran: peserta didik dikelompokan menjadi empat anggota tim disesuaikan subtopik yang dibahas, setiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda, membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli terbentuk diambil dari salah satu orang dari kelompok asal, tim ahli mendiskusikan subtopik yang telah dibagikan, setelah selesai, tim ahli tiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan berdiskusi dengan teman satu tim asal.
Kata kunci: Tema dan Fakta Cerita, Nilai Religius, dan Pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.