ANALISIS NILAI PENDIDIKAN TOKOH UTAMA NOVELTAK SEMPURNAKARYA FAHD DJIBRAN BONDAN PRAKOSO DAN FADE2BLACK DAN SKENARIO PEMBELAJARANSASTRA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran Bondan Prakoso dan Fade2Black, dan (3) skenario pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa isi suatu informasi yang tertulis atau dokumen, yakni berupa kutipan-kutipan yang diambil dari novel Tak Sempurna. Pengumpulan data digunakan teknik observasi. Analisis data digunakan analisis isi. Penyajian hasil analisis digunakan metode informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Tak Sempurna meliputi: tema, tokoh dan penokohan, alur,dan sudut pandang; (2) nilai-nilai pendidikan tokoh utama novel Tak Sempurna Karya Fahd Djibran Bondan Prakoso dan Fade2Black antara lain nilai pendidikan religius, pendidikan moral, dan pendidikan sosial; dan (3) skenario pembelajaran sastra di SMA dilaksanakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran secara tertulis dengan menggunakan tes esai.
Kata Kunci : nilai pendidikan, novel, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.