NILAI MORAL DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Eka Destiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur novel Rindu, (2) nilai moral dalam novel Rindu, (3) skenario pembelajaran novel Rindu karya Tere Liye di kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Struktur novel Rindu terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda; (2) nilai moral yang terdapat dalam novel Rindu meliputi  (a) nilai beribadah dan bersyukur (bersumber dari hubungan manusia dengan Tuhannya), (b) nilai rajin, (c) nilai sikap ramah (bersumber dari hubungan manusia dengan diri sendiri (d) nilai berjiwa sosial, (e) nilai  rela berkorban, (f) memuji keindahan alam (bersumber dari hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam); (3) nilai moral dalam novel Rindu karya Tere Liye dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XII SMA yakni dalam pembelajaran dengan Kompetensi Dasar menganalisis novel baik melalui lisan maupun tulisan. Langkah-langkah pembelajarannya yaitu  (a) peserta didik dikelompokkan menjadi empat kelompok , (b) peserta didik menganalisis struktur dan nilai moral novel Rindu karya Tere Liye secara berkelompok, (c) peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, (d) peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah berlangsung.

 

Kata kunci: nilai moral, novel Rindu karya Tere Liye, skenario pembelajaran novel


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.