PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 5 KALIWIRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi: 1) penerapan pembelajaran menulis puisi melalui metode latihan terbimbing dengan media metode audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro; 2) pengaruh pembelajaran menulis puisi melalui metode latihan terbimbing dengan media audio visual terhadap sikap dan minat siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro; 3) peningkatan keterampilan menulis puisi setelah memperoleh pembelajaran menulis melalui metode latihan terbimbing dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan istrumen nontes. Data dianalisis dengan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Penyajian data hasil penelitian menggunakan teknik informal. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi. Hasil dari analisis penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi melalui penerapan metode latihan terbimbing dengan media audio visual pada siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro, yaitu guru: 1) memperlihatkan video kepada siswa; 2) beserta siswa mengidentifikasi keindahan alam yang terlihat dalam video; 3) memberikan tugas kepada siswa untuk menginventarisasi kata-kata yang berhubungan dengan keindahan alam yang sesuai dengan tema keindahan alam; 4) menugasi siswa untuk menulis puisi sesuai dengan video yang telah siswa lihat. Pengaruh penggunaan metode latihan terbimbing dengan media audio visual terhadap minat dan sikap terlihat dari perolehan persentase rata-rata minat yaitu dari 43.39% pada prasiklus meningkat menjadi 97,15% pada siklus I, meningkat lagi menjadi 99,40% pada siklus II, dan sikap siswa meningkat dari prasiklus sebesar 37,74% menjadi 74,28% pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kaliwiro, yaitu pada prasiklus 51,61 menjadi 64,95 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,76.
Kata kunci: Menulis Puisi, Metode Latihan Terbimbing, Media Audio Visual
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.