PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS XI SMK SETIA KARYA DEPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan menulis paragraf eksposisi dengan modelpicture and picture; (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan model picture and picture; (3) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf eksposisi menggunakan model picture and picture.Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneiti menggunakan metode analisi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan model picture and picture dilakukan mulai dari siklus I, siklus II dan masing-masing siklus sama-sama melaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi kualitas menjadi lebih baik dengan model picture and picture. (3) pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa. Skor prasiklus sebesar 63,08, pada siklus I meningkat menjadi 71,36, dan siklus II meningkat menjadi 76,48.
Kata kunci: Menulis Paragraf Eksposisi, Model Pembelajaran Picture and Picture
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.