ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL MENJADI DJO KARYA DYAH RINNI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Bayu Putro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan(1) unsur-unsur intrinsik,(2) aspek-aspek sosial, dan (3) skenario pembelajaran novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian berupa unsur-unsur intrinsik, aspek-aspek social dalam novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni, dan scenario pembelajarannya di SMA. Teknik pemilihan data penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Instrumen pene­litiannya adalahpenulis sendiri sebagai peneliti, buku catatan, dan alat tulis. Teknik ana­lisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian ini yaitu novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni mengandung (1) unsur in­trinsik, yaitu: (a) tema, (b) alur, (c) tokoh dan penokohan, (d) latar, (e) sudut pandang, dan (f) bahasa; (2) aspek-aspek sosial mencakup (a) kekerabatan, (b) perekonomian, (c) pendidikan, (d) kepercayaan, dan (e) cinta kasih; dan (3) pembelajaran novel Menjadi Djo karya Dyah Rinni di SMA menggunakan pendekatan Jigsaw dengan langkah-langkah meliputi: (a) kelas dibagi dalam beberapa kelompok (tim); (b) bahan akademik disajikan dan tiap siswa mempelajari;  (c) anggota yang mempelajari bagian yang sama berkumpul dalam tim ahli; (d) siswa dalam tim ahli kembali ke kelompok awal untuk mengajar ang­gota kelompok mengenai materi yang dipelajari dalam tim ahli; dan (e) siswa dievaluasi secara individual mengenai bahan ajar yang dipelajari.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, aspeksosial, novel MenjadiDjo, Pembelajarannya di SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.