NILAI AKHLAK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IBUKU TAK MENYIMPAN SURGA DI TELAPAK KAKINYA KARYA TRIANI RETNO A. DAN SKENARIO PEMBELAJRANNYA DI KELAS XII SMA

Fatmawati Nurul Ayu R.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur novel dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya, (2) nilai akhlak dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya, dan (3) skenario pembelajaran novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Fokus penelitian ini adalah struktur novel, nilai akhlak tokoh utama novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. serta skenario pembelajarannya di SMA. Data dalam penelitian ini berupa narasi serta percakapan dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Sumber data adalah novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya karya Triani Retno A. Dalam pengumpulan data penelitian ini digunakan teknik observasi. Instrumen penelitian adalah penulis selaku peneliti dengan bantuan kartu pencatat data. Dalam analisis data digunakan teknik analisis isi, dan dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Struktur novel ini terdiri dari tema yaitu cinta dan kasih; tokoh utama dalam novel ini yaitu Amelia. Penokohan dalam novel ini digambarkan secara analitik dan dramatik; alur yang terdapat dalam novel yaitu alur maju atau progresif; latar yang disajikan dalam novel ini terdiri dari tiga macam di antaranya latar tempat; latar waktu; latar situasi; sudut pandang yang digunakan campuran; sudut pandang “aku” dominan; dan amanat dalam novel adalah sayangilah Ibu sepenuh hati; (2) Nilai akhlak terdiri dari nilai akhlak terhadap Allah Swt.; nilai akhlak dalam keluarga; dan nilai akhlak bermasyarakat. Nilai akhlak dalam novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya ini tidak bersifat menggurui, tetapi dijalin dalam struktur cerita; (3) skenario pembelajaran novel Ibuku Tak Menyimpan Surga di Telapak Kakinya dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, meliputi pendahuluan, inti (mengamati, menanya dan menalar, mencoba, dan membentuk jejaring), dan penutup.

Kata Kunci: Struktur Novel, Nilai Akhlak, dan Skenario Pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.