NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM NOVEL BISMILLAH KARYA MUHAMMAD MAKHDLORI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur intrinsik pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori, (2) mendeskripsikan nilai akhlakul karimah pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori, (3) menjelaskan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori di kelas XII SMA. Fokus penelitian berupa unsur intrinsik, nilai akhlak terhadap Allah Swt., nilai akhlak pribadi, dan nilai akhlak terhadap keluarga pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. Teknik yang digunakan oleh penulis dalam mengumpulkan data adalah metode observasi. Teknik yang digunakan oleh penulis untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Selanjutnya, teknik yang digunakan oleh penulis untuk menyajikan hasil penelitian ini adalah teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Struktur novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori yang terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat secara padu membangun cerita yang mempunyai nilai estetis dan nilai akhalkul karimah, (2) Nilai akhlakul karimah novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori, yaitu (a) nilai akhlak terhadap Allah Swt., terdiri dari takwa, ikhlas, tawakal, syukur, dan tobat, (b) nilai akhlak pribadi terdiri dari sidik atau benar, istikamah, sabar, dan pemaaf, (c) nilai akhlak terhadap keluarga, yaitu birrul walidain. (3) Skenario pembelajaran mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra berupa nilai akhlakul karimah pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori di kelas XII SMA, yaitu (a) menyampaikan unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah kepada peserta didik, (b) memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori dan menjelaskan keindahan alur, (c) meminta peserta didik untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah pada novel Bismillah karya Muhammad Makhdlori secara kelompok, (d) meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain diminta untuk menanggapi,(e) memberikan penguatan dan simpulan bersama tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
Kata Kunci: Nilai Akhlakul Karimah, skenario Pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.