ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL LONTARA RINDU KARYA S. GEGGE MAPPANGEWA DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) aspek sosial novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa (2) hubungan antaraspek sosial yang terdapat pada novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa dan(3) rencana pembelajaran novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi. Hasil penelitian meununjukkan bahwa (1) aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa meliputi aspek cinta kasih, aspek kekerabatan, aspek keagamaan dan aspek kebudayaan (2) hubungan antaraspek yang terdapat dalam novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa meliputi cinta kasih dengan kekerabatan, cinta kasih dengan keagamaan, kebudayaan dengan keagamaan, dan kebudayaan dengan kekerabatan. (3) rencana pembelajaran novel Lontara Rindu karya S. Gegge Mappangewa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Langkah-langkah pembelajarannya yaitu: (a) peserta didik dikelompokan menjadi empat anggota tim disesuaikan subtopik yang dibahas; (b) setiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda; (c) membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli terbentuk diambil dari salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan subtopik yang telah dibagikan; (d) setelah selesai, sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali ke kelompok asal dan berdiskusi dengan teman satu tim asal.
Kata kunci: Analisis Sosiologi Sastra, Novel Lontara Rindu, Rencana Pembelajarannya di SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.