NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NASKAH DRAMA SUMEH KARYA HARDJITO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Sodiq Kholidun

Abstract


Penelitianinibertujuan mendeskripsikan: 1) unsur intrinsiknaskah drama Sumeh; 2)nilaipendidikandalamnaskah drama Sumeh;3)rencanapelaksanaanpembelajarannaskah drama Sumehdi SMA. Sumber data diper-olehdarinaskah dramaSumehkaryaHardjito.Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data berupacatatan data.Teknikpengumpulan data yang di-gunakandalampenelitianiniadalahteknikpustaka, observasi, wawancara, dan validasi data. Hasilanalisismenunjukkan: 1) unsur intrinsik yang terdapat pada naskah drama Sumeh meliputi: tema (usaha dagang butuh ilmu), tokoh dan penokohan (tokoh utama: Sumeh (ramah); tokoh tambahan andalan: Inul (suka memberi nasihat),Maruk (serakah),Warih (rendah hati), Ginem (suka berprasangka), Jueh (iri hati), Sinten (provokator); tokoh tambahan bawahan: pembeli dan warga), alur (alur maju), latar (latar tempat: komplek perumahan di Purworejo; latar waktu:siang hari; latar sosial:masyarakat di lingkungan perumahan pinggiran kota), amanat (jadilah pedagang yang ramah, jangan menjadi pedagang yang rakus, tetaplah berusaha dan jangan putus asa); 2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada naskah drama Sumeh adalah: nilai pendidikan agama (berdoaataumemohonsesuatukepadaTuhan), nilai pen-didikan sosial (sikapsalingmenolongdangotongroyong), nilai pendidikan ke-susilaan (sikapramahkepada orang lain), dan nilai pendidikan moral (sikapsabardanbijaksana).

 

Kata Kunci :Nilai-nilaiPendidikan, Naskah Drama Sumeh

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.